Semuanya dimulai dengan sebuah lagu.
Anda menulis lagu, atau menemukan lagu; lagu menggerakkan Anda dan Anda ingin memindahkan dunia. Jadi, Anda merekam dan mendistribusikan lagu itu sebagai single ke platform seperti Spotify, Apple Music, dan YouTube.
Setelah lagu tersedia, apa pun bisa terjadi. Musiknya bisa mengubah dunia, bisa membuat beberapa orang kagum, atau bisa sepenuhnya diabaikan. Tentu saja kesempatan selalu berperan, tetapi hasilnya sebagian di tangan Anda sendiri.
Manfaat dan tantangan merilis single di tahun 2020.
Berita baiknya: Kita hidup di zaman lajang, dan ada banyak cara untuk membuat satu lagu bekerja.
Berita buruknya: Setiap artis lain juga memiliki single baru untuk dipromosikan, jadi Anda tidak bisa hanya memasukkan lagu ke dunia dan berharap lagu itu dapat menjangkau orang-orang tanpa upaya dan perencanaan lebih lanjut.
Semua ini untuk mengatakan, ada lebih banyak untuk merilis satu dari hanya melemparkannya di SoundCloud atau Bandcamp. Ada banyak hal selain mendistribusikan single Anda di seluruh dunia melalui release juga.
Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan strategi di balik perilisan single Anda:
Bagaimana Anda akan menarik pendengar, mendorong aliran, dan mendorong unduhan?
Bagaimana peluncuran single ini untuk meningkatkan hubungan Anda dengan audiens Anda?
Bagaimana lagu ini akan membantu Anda mencapai tingkat selanjutnya dalam karier musik Anda?
Bagaimana satu orang membantu Anda menceritakan sedikit lebih banyak tentang kisah artis Anda?
Bagaimana Anda memposisikan single Anda untuk memanfaatkan alat streaming dan traksi algoritmik?
Anda juga harus mempertimbangkan pro dan kontra dari merilis lagu mandiri.
Sebagai seniman, kita berurusan dengan "ekonomi perhatian." Lewatlah sudah hari-hari di mana Anda bisa menghilang selama tiga tahun untuk membuat album Anda berikutnya dan berharap penggemar tetap setia. Dalam dunia kita yang memiliki rentang perhatian pendek, melepaskan musik lebih sering dapat memainkan faktor penting dalam kesuksesan Anda.
Platform seperti Spotify dan YouTube bahkan memberi penghargaan kepada artis yang mengeluarkan lagu dan video secara teratur. Jelas Anda tidak dapat (dan tidak seharusnya) membuat album lengkap setiap dua atau tiga bulan, jadi alih-alih: lajang!
Sisi baiknya merilis single digital:
Song |
Biayanya lebih rendah untuk menghasilkan satu lagu (dibandingkan dengan seluruh album)
Anda dapat lebih sering merilis musik, yang mendorong aktivitas streaming algoritmik
Anda tidak perlu membuat CD atau vinil
Pendengar modern sering menyukai single / playlist
Berkonsentrasi pada satu lagu pada satu waktu membantu Anda memfokuskan pemasaran, produksi video, dll., Sehingga Anda memiliki kesempatan untuk mengubah setiap lagu menjadi sebuah acara
Ini adalah momen untuk terhubung kembali dengan atau menumbuhkan audiens Anda
Ini adalah kesempatan berisiko rendah untuk bereksperimen dengan strategi promosi dan mempelajari apa yang berhasil (dan tidak)
Dan yang terbaik dari semuanya, mengeluarkan single itu menyenangkan
Tetapi masih ada lebih banyak kekuatan PR dalam merilis album. Jadi para lajang memang memiliki kekurangan.
Kelemahan dari merilis single digital:
Lebih sulit untuk mendapatkan perhatian pers dan industri dengan satu
Album menunjukkan kepada dunia bahwa Anda serius; lajang tidak
Album dapat menyampaikan lebih banyak tentang cerita dan merek Anda; lajang mengatakan lebih sedikit
Penggemar Anda bisa mati rasa pada pengumuman "single baru" jika Anda terlalu sering merilis musik
Lebih sulit untuk menjual satu produk digital
Jadi mari kita menggali praktik terbaik untuk merilis single. Saya tidak yakin apakah mereka semua dihitung sebagai "strategi," tetapi mereka tentu semua pertimbangan penting.
Anda HARUS merilis satu PERTAMA
Dalam kebanyakan kasus, saya akan memberikan saran ini: Anda harus benar-benar merilis FIRST tunggal jika Anda tidak pernah mengeluarkan musik dengan nama artis Anda saat ini! Mengapa?
Sebagian besar layanan streaming tidak membiarkan Anda mengklaim profil artis Anda atau menggunakan berbagai alat promosi sampai Anda benar-benar memiliki musik di platform mereka. Karena alat-alat itu bisa sangat kuat, Anda tidak ingin LEWATKAN kesempatan untuk menggunakannya untuk rilis prioritas Anda (seperti EP atau LP).
Jadi keluarkan satu pun dulu. Tanam benderamu. Klaim akun Anda. Dan bersiap-siap untuk pergi dengan kekuatan penuh pada rilis tindak lanjut.
Buka DI SINI untuk mencari tahu bagaimana Spotify dan Apple Music menentukan apa itu genap, berdasarkan jumlah dan durasi lintasan.
2020 adalah tahun video, jadi lagu RIGHT mungkin berarti tepat 15 detik
Tak satu pun dari rencana Anda akan menjadi masalah jika lagu itu menyebalkan. Obvs. Jadi, jangan merilis single untuk memberi makan sebuah algoritma. Musiknya masih harus memikat! Itu bisa berarti itu adalah hit hit yang menarik untuk menyenangkan penggemar baru atau pengembaraan artistik yang menuntut untuk menyenangkan para diehard Anda. Tapi SESEORANG perlu senang.
Namun, sama seperti sebuah lagu dapat berdiri terpisah dari sebuah album, sebuah MOMENT musikal dapat berdiri terpisah dari lagu tersebut.
Apa artinya? Ya, kita hidup di zaman video pendek.
Tidak ada yang namanya terlalu banyak konten, dan dengan popularitas besar TikTok, Cerita IG, IGTV, YouTube, Facebook, Snapchat, dan platform lain di mana pengguna haus akan video cepat, Anda tidak perlu menjadikan semua video Anda sebagai panjang keseluruhan lagu.
Tidak semua video musik harus merupakan video musik yang sepenuhnya diproduksi.
Temukan momen TERBAIK dalam lagu Anda, lalu tanyakan:
Bagaimana momen ini dapat menginspirasi pendengar untuk membuat video mereka sendiri (seperti tantangan TikTok, kontes menari, kontes teks, duet, video respons, dan keterlibatan komunitas lain yang digerakkan oleh hashtag)?
Bisakah saya merekam video orisinil pendek ke musik 15 detik ini?
Dapatkah saya menemukan rekaman domain yang bagus untuk bebas-royalti atau pubis untuk ditambahkan ke musik 15 detik ini?
Bisakah saya memposting banyak konten video BERBEDA selama 15 detik yang sama, memperkuat kembali pengait?
Apa yang akan membuat orang-orang di Cerita Instagram untuk menjawab pertanyaan atau terlibat dengan jajak pendapat?
Setelah Anda menggali ini, Anda mungkin menyadari ada perbedaan antara lagu yang sempurna untuk penggemar yang ada, dan momen yang sempurna untuk perhatian viral. Dalam kedua kasus itu, single tidak boleh diisap. Tetapi tidak setiap lagu harus menjadi karya yang sepenuhnya diproduksi. Kami akan membicarakan lebih lanjut tentang ini di bawah ini.
Atur waktu single Anda secara strategis sebelum dan sesudah rilis EP dan LP
Kecuali jika Anda seorang EDM atau artis pop, saya tetap menyarankan Anda fokus membuat EP atau LP (karena alasan yang disebutkan di atas); kemudian lepaskan single Anda secara strategis sebelum dan sesudah rilis yang lebih besar.
Singel utama menciptakan kegembiraan penggemar dan energi algoritmik untuk album, dan kemudian singel lanjutan, atau lagu-lagu yang keluar di antara proyek-proyek yang lebih besar, membuat Anda tidak jatuh ke wilayah “tak terlihat, tidak masuk akal” dengan penggemar .
Timbun berbagai jenis rekaman untuk digunakan nanti, selain merilis "single" tradisional dari album mendatang
Setelah Anda menggali ini, Anda mungkin menyadari ada perbedaan antara lagu yang sempurna untuk penggemar yang ada, dan momen yang sempurna untuk perhatian viral. Dalam kedua kasus itu, single tidak boleh diisap. Tetapi tidak setiap lagu harus menjadi karya yang sepenuhnya diproduksi. Kami akan membicarakan lebih lanjut tentang ini di bawah ini.
Atur waktu single Anda secara strategis sebelum dan sesudah rilis EP dan LP
Kecuali jika Anda seorang EDM atau artis pop, saya tetap menyarankan Anda fokus membuat EP atau LP (untuk alasan yang disebutkan di atas); kemudian lepaskan single Anda secara strategis sebelum dan sesudah rilis yang lebih besar.
Singel utama menciptakan kegembiraan penggemar dan energi algoritmik untuk album, dan kemudian singel lanjutan, atau lagu-lagu yang keluar di antara proyek-proyek yang lebih besar, membuat Anda tidak jatuh ke wilayah “tak terlihat, tidak masuk akal” dengan penggemar .
Timbun berbagai jenis rekaman untuk digunakan nanti, selain merilis "single" tradisional dari album mendatang
Ada beberapa jenis trek yang dapat Anda lepaskan sebagai single:
Single utama - Ini adalah lagu pertama yang Anda rilis dari EP atau LP yang akan datang. Ini mengatur panggung untuk apa yang akan datang dan meminta penggemar Anda untuk berharap lebih dalam beberapa bulan mendatang.
Penyelaman yang lebih dalam - Single lanjutan ini keluar antara lead single dan album, dan ini memberikan konteks lebih lanjut untuk musik baru Anda.
Sisi B - Setelah album Anda keluar selama beberapa bulan, Anda dapat mengeluarkan single dari sesi rekaman yang sama yang tidak membuatnya masuk ke album.
Konten bonus - Setelah percikan album besar, Anda ingin mempertahankan momentum pada platform streaming. Pada tahun setelah rilis album Anda, ada baiknya untuk mengeluarkan beberapa lagu "bonus", seperti remix, campuran alternatif, demo, atau pengambilan akustik. Remix khususnya memungkinkan Anda menghidupkan kehidupan baru menjadi sebuah lagu yang semakin populer, dan memberi Anda kesempatan untuk berkolaborasi dengan artis yang mungkin bekerja dalam genre yang berbeda. Anda berdua mendapat manfaat dari semua promosi silang yang terjadi kemudian.
Kolaborasi - Ini adalah single yang dikreditkan ke dua atau lebih nama artis. Mirip dengan remix, kolaborasi orisinal memberi Anda cara hebat untuk mengambil peluang kreatif dan menjangkau lebih dari audiens yang ada (karena trek yang sama juga akan menjangkau penggemar artis lain).
Lagu artis unggulan - Anda dapat melakukan penampilan tamu di trek orang lain, atau mereka dapat muncul di salah satu lagu Anda. Apa pun itu, ini membantu Anda mendapatkan perhatian ekstra.
The building-blocks single (s) - Salah satu latihan yang menjadi lebih umum adalah seorang artis menetapkan jadwal rilis (misalnya: mengeluarkan satu lagu baru sebulan selama setahun) dan kemudian membiarkan penggemar memilih di mana sepuluh nada akan terdiri dari album selanjutnya. Jelas Anda tidak perlu menjadikan seni Anda sebuah demokrasi, jadi Anda bisa memilih sendiri lagu mana yang ingin Anda kompilasi ke dalam album. Billie Eilish menjatuhkan sejumlah single sebelum LP debutnya yang besar keluar, jadi jelas strateginya dapat bekerja.
Potongan langsung - Tidak setiap lagu yang Anda rilis harus menjadi permata berkualitas studio. Punya rekaman langsung dengan getaran yang bagus? Padamkan!
Lagu sampul - Mencakup lagu yang ada selalu menjadi cara cerdas untuk menarik pendengar baru. Anda mengambil lagu yang terbukti dan menambahkan putaran Anda sendiri ke sana.
"Bukankah lagu ini sudah keluar?" tunggal - Anda mungkin memperhatikan artis seperti Taylor Swift merilis "single" lagu yang sudah muncul di album. Ini adalah trik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian untuk lagu tertentu, dan hei, tidak ada yang salah dengan trik! Kita semua ingin perhatian, bukan?
Jadikan musik Anda lebih ramah-playlist
Industri ini berfokus pada daftar putar hari ini, dan itu bagus; daftar putar dapat menghasilkan banyak aktivitas streaming.
Namun tidak semua aktivitas daftar putar mengarah ke keterlibatan penggemar nyata, jadi alih-alih artis melompati banyak rintangan untuk memainkan sistem daftar putar du jour, saya masih menyarankan Anda - terutama - untuk membuat musik yang ingin Anda buat dan coba untuk membuat menjangkau penggemar dengan cara yang biasa (memutar acara, membuat video keren, menjalankan iklan sosial, dll.).
Yang sedang berkata, format dominan hari itu selalu berbentuk musik, dan streaming mengubah suara musik populer. Jika Anda memang ingin membuat single Anda lebih mungkin untuk playlist, Anda harus mengetahui tren musik ini:
Tidak ada intro dan outro panjang
Orang tidak sabar dan dapat melewatkan lagu dengan mudah. Jangan menggoda mereka. Dapatkan barang.
Pertimbangkan meletakkan kait Anda tepat di awal
Bicara soal mendapatkan barang, Anda bisa memimpin dengan hook atau chorus. The Beatles melakukannya setengah abad yang lalu, dan Bruno Mars melakukannya hari ini.
Simpan lagu Anda di bawah 4 menit
Kecuali jika Anda membuat ambient, klasik, jazz, atau sesuatu, yang terbaik adalah menjaga lagu Anda antara 2-4 menit. Di bawah 3 menit akan menjadi tujuan untuk kemampuan daftar putar maksimum.
Saksikan sumpah serapah itu
Bahasa eksplisit tidak selalu merusak lagu Anda, tetapi tentu saja dapat membatasi jenis daftar putar yang dapat Anda tampilkan.
Pilih distributor yang tepat
Ketika Anda mendaftar single Anda untuk distribusi ke Spotify, Apple Music, Amazon, dan platform musik digital lainnya, Anda harus tahu bahwa distribusi yang baik adalah lebih dari sekadar mendorong file digital dari satu tempat ke tempat lain.
telah membayar artis setiap minggu selama lebih dari 20 tahun. Kami tidak membebankan biaya tahunan, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang tagihan tahunan yang terus bertambah hanya untuk menjaga musik Anda tersedia secara online. Dan kami menawarkan sejumlah solusi monetisasi LAIN untuk musik Anda juga.
Unduhan
Pendapatan penerbitan musik global
ID Konten di YouTube
Monetisasi video sosial di Facebook, Instagram, dan Oculus
Sinkronisasi Lisensi
Dan lagi
Buat Spotify pra-simpan
Tidak ada gunanya membicarakan musik baru Anda jika tidak ada yang bisa melakukan apa pun dengannya, bukan?
Tetapkan tanggal rilis setidaknya sebulan di muka dan gunakan waktu itu untuk menghasilkan energi untuk lagu Anda!
Anda dapat melakukan ini secara GRATIS melalui Show.co
Dapatkan penempatan playlist Release Radar Anda yang dijamin!
Kirim lagu untuk pertimbangan daftar putar Spotify.
Selama Anda mengikuti pedoman seperti yang tercantum dalam artikel yang ditautkan di atas, single Anda juga akan mendapatkan penempatan yang dijamin di SEMUA daftar putar Radar pengikut pengikut Spotify Anda.
PROMOSI single Anda, sebelumnya DAN setelah dirilis
Baik. Sekarang untuk promosi. Ada banyak hal untuk dibahas di sini.
Kunci untuk mempromosikan single terbaru Anda
Tetapkan timeline dan bersabarlah
Ya, bagian dari keuntungan single adalah tekanannya rendah dan Anda dapat menjatuhkannya dengan cepat. Tapi jangan terlalu terburu-buru. Rencanakan ke depan. Lakukan dengan benar. Anda tidak akan dapat meluncurkan lagu ini lagi.
Bergantung pada cakupan kampanye Anda, Anda mungkin perlu persiapan 1-3 bulan.
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan single Anda, jika Anda punya cukup waktu:
Gunakan single dalam CONJUNCTION dengan rilis album
Berikut adalah tiga cara untuk menggunakan satu SELAMA proses melepaskan album:
Rilis single Anda sebagai pre-add di Apple Music
Tahukah Anda bahwa Anda dapat menjalankan pra-tambah selama sebulan sebelum album Anda keluar? Jadi pikirkan lagu apa yang paling menarik. Single ramah playlist? Luka yang lebih dalam?
Rilis trek bonus dengan album lengkap Anda
Apakah Anda menawarkan trek bonus secara digital, atau secara eksklusif pada CD dan vinil, ini memberi Anda peluang besar untuk menampilkan beberapa konten tambahan dan mendorong penjualan dan aktivitas streaming. Lagu langsung? Campuran alternatif? Demo? Lagu yang belum dirilis? Versi akustik dari lagu favorit dari album Anda sebelumnya? Track bonus akan menarik bagi penggemar yang ingin mengumpulkan seluruh katalog.
Rilis lagu baru di kompilasi
Jika lagu itu hanya keluar pada kompilasi, saya kira itu bukan secara teknis tunggal - TAPI itu mungkin cara yang cerdas untuk menempatkan trek baru untuk bekerja untuk Anda. Anda akan mendapat manfaat dari lagu yang ditampilkan bersama lagu-lagu oleh sekelompok artis lain, dan Anda selalu dapat menggunakannya lagi nanti di album Anda sendiri.
Dan di bawah ini salah satu beberapa hasil karya music indie dari RetuneRecord Indie Releaseing Music :