Menguasai tutorial Menguasai adalah langkah terakhir yang penting dalam produksi musik. Seorang insinyur ahli mengambil campuran dan membuatnya terdengar tepat untuk tujuan tertentu. Biasanya, campuran disamakan, sehingga memiliki semua frekuensi yang diperlukan. Dinamika kemudian disesuaikan, untuk meminimalkan perbedaan antara bagian rekaman yang lebih lembut dan lebih kuat, dan akhirnya kompresi ditambahkan dan limiter digunakan untuk membuat keseluruhan suara lebih keras, sebuah metode yang sekarang sangat populer. Kami akan menyajikan salah satu dari banyak cara untuk melakukan ini.
Penguasaan terbaik adalah penguasaan sama sekali! Jika Anda berpikir bahwa campuran Anda sempurna, jangan diproses lagi. Setiap langkah dalam rantai pemrosesan menambahkan noise dan distorsi tambahan, digital atau analog, selalu ada. Dapatkan kualitas campuran terbaik yang Anda bisa! Semakin baik campuran, semakin sedikit pemrosesan yang dibutuhkan pada tahap mastering. Namun, campuran Anda tidak boleh mengandung kompresi atau terlalu banyak disamakan. Begitu sesuatu telah diubah, sulit untuk membatalkannya. Tingkat pengambilan sampel yang disarankan adalah 96 kHz. Akan ada beberapa proses nonlinear, terutama ketika membatasi. Dan karena kita tidak terlalu peduli tentang latensi dan konsumsi CPU di sini, penggunaan 96kHz dapat dengan mudah dibenarkan. Banyak studio low-end masih merekam dalam 44,1 kHz. Jika itu masalahnya, Anda harus menggunakan DAW Anda untuk meningkatkan laju pengambilan sampel campuran menjadi 96kHz untuk dikuasai. Selalu ekspor campuran Anda dalam format titik apung 32-bit. Degradasi audio saat terpotong ke 24-bit biasanya tidak terdengar, tetapi pemrosesan lebih lanjut dapat melebih-lebihkan cacat. Degradasi audio 16-bit sering terdengar pada monitor studio yang bagus dengan bahan audio yang sangat dinamis. Sadarilah bahwa telinga Anda akan segera berpikir bahwa suara Anda hebat meskipun tidak;). Anda dapat beralih di antara beberapa trek di DAW Anda atau menggunakan alat khusus seperti MCompare, yang memungkinkan Anda membandingkan master Anda dengan trek referensi asli dan lainnya dan bahkan menghindari Anda dibodohi oleh telinga Anda sendiri karena perbedaan persepsi yang disebabkan oleh kekerasan. 'Perang Keras' bukanlah hal yang baik ... Lagu-lagu pop modern hampir tidak memiliki jangkauan dinamis dibandingkan dengan rekaman yang dibuat 20 tahun yang lalu. Semuanya berawal ketika seseorang menemukan bahwa lagu terdengar lebih baik ketika mereka diputar lebih keras. Prosesor digital modern mampu meningkatkan volume lagu sehingga ketika dibandingkan dengan versi yang lebih lama, mereka terdengar berkali-kali lebih keras. Namun rentang dinamis dikorbankan. Anda dapat mendengar bahwa sebagian besar lagu modern terdengar sama dari awal hingga akhir. Untuk meningkatkan volume ke tingkat yang luar biasa ini, dinamika musik dihapus atau dikurangi. Karena itu, selalu tingkatkan volume hanya sebanyak yang diperlukan, jangan satu dB lagi! Ini mungkin terdengar lebih baik, tetapi hanya untuk beberapa detik!
Tidak memuncak! Anda akan membuat rangkaian efek, dengan masing-masing melakukan beberapa operasi tertentu pada suara dan sangat sering suara ini bisa diperkuat. Sebagian besar plugin memiliki kontrol gain dan meteran puncak untuk memastikan bahwa output tidak terpotong. Mungkin masuk ke zona merah, tetapi tidak di atas, jika tidak suara mungkin terdistorsi, ketika melewati efek misalnya. Selain itu, jika output dari setiap efek memiliki tingkat yang kira-kira sama dengan input, maka Anda dapat mem-bypass efek apa pun dalam rantai untuk memeriksa suara tanpa itu. Itu tidak selalu berhasil, tetapi bisa sedikit membantu.