Make Your Mix Sound Louder
Membuat suara campuran Anda lebih keras bisa sulit tanpa menyebabkan distorsi atau merusak dinamika audio Anda.
Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda 3 cara untuk membuat campuran suara Anda lebih keras dengan kompresi, sedikit trik dengan otomatisasi volume, dan keputusan yang cermat dengan EQ.
Tetap di sini, ini barang yang sangat keren.
Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memperkenalkan sesuatu dengan volume yang sedikit lebih tinggi dan menurunkannya kembali ke level semula begitu elemen-elemen lainnya masuk.
Ini mempertahankan perhatian padanya, tanpa secara permanen meningkatkan volume dan segala sesuatu yang lain dalam campuran.
Ini benar-benar dapat membantu mengendalikan tingkat desibel dari segalanya dan akan memungkinkan Anda untuk membawa lebih banyak perhatian ke elemen lain juga, tanpa menghilangkan suara yang akan Anda otomatisasi.
Cara kerjanya adalah telinga pendengar akan mengikuti suara ke bagian depan, yang bisa jadi drop misalnya.
Untuk melakukan ini, buat klip otomasi untuk volume saluran atau pra-perolehan jika Anda tidak memiliki opsi itu.
Kemudian, jika standar DAW Anda untuk ini adalah pada atau benar-benar mendekati 0dB, alih-alih meningkatkannya, mulai dari posisi default dan pindahkan ke tingkat yang lebih rendah setelah elemen lain mulai bermain di sampingnya.
Dan jika tidak, Anda sebaiknya memindahkannya dari awal, asalkan tidak melewati 0dB.
Dan tentu saja, ini harus dilonggarkan, bukan saklar keras. Maka Anda akan ingin mencampur suara ini seolah-olah selalu di tingkat yang lebih rendah ini.
Ini berarti Anda mungkin harus meningkatkan gain pada fader volume track mixer untuk memperhitungkan ini jika Anda sudah melakukan pencampuran.
Kecuali jika Anda dapat meningkatkan pra-perolehan dari standarnya.
Tetapi Anda masih ingin memastikan itu tidak memotong atau menyebabkan distorsi jenis lain di seluruh campuran di bagian yang lebih keras ketika Anda pertama kali memperkenalkan suara.
Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pra-perolehan dan mengapa saya menyarankan untuk mengurangi daripada meningkatkan, lihat artikel yang saya buat tentang Penguatan Keuntungan.
Tip berikutnya melibatkan pembatas dan bagaimana Anda dapat secara teknis meningkatkan tingkat desibel elemen paling tenang dengan mengurangi dB dari yang paling keras.
Sekarang, penting untuk tidak menghancurkan seluruh rentang dinamis, yaitu kisaran dari tingkat desibel tertinggi dan terendah dari keseluruhan campuran.
Untuk menghindari ini, Anda ingin menggunakan pembatas dengan kehalusan dalam kasus ini.
Untuk mengencangkan campuran Anda dan membuatnya sedikit lebih keras, pertama-tama Anda dapat meletakkan pembatas pada trek master Anda (atau trek individual) dan kemudian menganalisis rentang dinamis trek.
Jika limiter Anda tidak memiliki visualizer, Anda bisa menggunakan plugin yang disebut FLUX loudness meter, yang merupakan btw gratis.FLUX
Setelah Anda tahu di mana puncak tertinggi berada, turunkan langit-langit sampai Anda mulai melihat sedikit puncak yang dikompresi.
Anda bisa tahu kapan mereka berada di garis ungu dan putih, menunjukkan di mana dan berapa banyak.
Tujuan dari ini adalah untuk menjaga segala sesuatu di dalam wilayah yang sesuai sambil tetap menjaga jarak antara puncak tertinggi dan terendah
Menggunakan EQ untuk Memanipulasi Volume di Bagian Tertentu
Akhirnya, tip terakhir melibatkan banyak keputusan EQ yang dapat membantu campuran Anda.
Karena telinga manusia paling sensitif terhadap frekuensi pertengahan, di situlah Anda akan memiliki kenyaringan yang paling dirasakan dalam campuran.
Anda dapat mendorong sedikit tendangan ke rentang ini alih-alih low end, yang memberi bass Anda lebih banyak ruang.
Memiliki tendangan dan bass bersaing adalah hal lain dan itu sesuatu yang harus dihindari. Pilih satu untuk menjadi yang paling penting di kelas bawah dan membuatnya dominan.
Jangan lupa bahwa ini dapat berubah dari waktu ke waktu juga, seperti di bagian tertentu dari pengaturan Anda, misalnya.
Hal lain dengan EQ adalah memotong suara low end pada suara yang tidak membutuhkannya.
Semua frekuensi berkontribusi pada kenyaringan trek, dan jika Anda memiliki banyak informasi atau suara yang tidak berkontribusi pada campuran Anda, itu mengambil banyak "real estat kenyaringan" untuk berbicara.
Pada dasarnya, menghapus atau menekan beberapa ini dapat memungkinkan Anda untuk meningkatkan tingkat desibel dari instrumen atau suara itu.
Cukup tambahkan filter high-pass dengan kurva yang sangat curam untuk memangkas frekuensi tepat di bawah tempat aktivitas terendah.
Untuk sebagian besar suara, ini akan menjadi sekitar 35-45 Hertz tetapi akan lebih seperti 20 jika itu adalah sub-bass Anda.
Menjaga Kisaran Dinamis dalam Pikiran
Meskipun penting untuk memiliki campuran Anda pada tingkat mendekati 0dB, Anda tidak harus mencoba membanting semuanya sedekat mungkin.
Bertanggung jawablah tentang hal itu dan ingatlah bahwa ada pertukaran antara dinamika dan kenyaringan.
Saya juga menyarankan agar Anda tetap melacak master Anda antara -3 dan -6dB untuk meninggalkan beberapa ruang kepala untuk fase mastering.
Kedengarannya agak kontra-intuitif tetapi meninggalkan ruang ini memungkinkan Anda mendapatkan semuanya sedekat dengan 0dB ketika trek Anda dikuasai, bukan dicampur.
Jika Anda menikmati, silakan bagikan ini dengan orang lain. Seperti biasa, terima kasih sudah membaca.