How To Use Reverb
Mempelajari cara menggunakan reverb adalah teknik pencampuran yang penting. Sekarang, mungkin sudah jelas apa efek reverb yang akan dilakukan terhadap suara, tetapi jika Anda bertanya-tanya apa semua parameter kontrol dan bagaimana mereka mengubah suara reverb, Anda akan ingin membaca posting ini.
Ada begitu banyak plugin reverb yang berbeda di luar sana. Ada yang butuh uang dan ada yang gratis. Apa pun yang Anda pilih, mereka semua umumnya berkisar pada parameter dan prinsip yang sama.
Apa itu Efek Reverb & Mengapa Menggunakannya?
Apa yang dilakukan oleh reverb adalah menciptakan ruang, kedalaman, posisi, apa saja. Ini semua tentang membuat lingkungan di sekitar suara yang ingin Anda efekkan. Anda dapat membuat sesuatu terdengar seperti itu tepat di depan Anda, sangat jauh, dan bahkan mengubah seberapa jauh dinding atau benda-benda di sekitarnya dari sumber audio.
Beberapa efek reverb datang dengan visualisasi tentang apa yang dilakukan parameter ke ruang simulasi, ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari apa yang akan dilakukan oleh level yang berbeda terhadap suara. Ini jelas tidak penting.
Alasan mengapa Anda akan menggunakan reverb adalah untuk memposisikan elemen dalam campuran agar terdengar realistis, atau hanya untuk terdengar keren. Menempatkan kedalaman semacam ini ke dalam berbagai suara dapat membuat musik, efek suara, atau audio apa pun lebih menarik dan lebih dalam.
Jika Anda lebih suka menonton video daripada membaca, Anda dapat menonton video di sini, yang mencakup contoh apa yang dilakukan setiap parameter terhadap suara.
Parameter Reverb
Ukuran: Ukuran reverb mengubah seberapa besar ruang simulasi akan terdengar. Anda dapat membuatnya terdengar seperti sedang diputar di lemari, lorong, dan bahkan katedral besar. Sungguh, kemungkinannya tidak terbatas. Tidak benar-benar! Beberapa plugin memungkinkan Anda untuk membuat gema yang tak terbatas.
Redaman: Kecerahan reverb dapat diubah dengan redaman tinggi. Ini membuat frekuensi yang lebih tinggi lebih lemah, seperti bagaimana itu akan dirasakan dalam perawatan akustik kehidupan nyata. Ini menentukan seberapa cepat atau lambat ujung atas akan membusuk. Semakin tinggi Anda menetapkan nilainya, semakin efektif pelemahannya.
Pra Penundaan: Ini menentukan waktu yang diperlukan sebelum Anda mendengar sinyal reverb awal. Peningkatan ini akan menciptakan celah yang lebih besar dari saat suara dimainkan hingga efeknya terdengar. Dalam akustik dunia nyata, ini dapat dibandingkan dengan seberapa jauh instrumen dari dinding atau objek. Jika Anda ingin membuat orkestra yang realistis, Anda dapat memposisikan instrumen di atas panggung menggunakan pra-penundaan dengan kehalusan. Beberapa plugin reverb juga akan memberi Anda kemampuan untuk menyinkronkan waktu tunda dengan tempo proyek Anda.
Difusi: Mengubah kerapatan refleksi dapat dilakukan melalui parameter difusi. Pada pengaturan rendah, difusi dapat memberikan reverb yang lebih berbeda. Menggunakan pengaturan yang lebih tinggi akan mensimulasikan pantulan yang diputar ulang sangat berdekatan.
Decay: Cobalah untuk tidak membuat pembusukan bingung dengan Pre Delay. Peluruhan adalah apa yang terjadi setelahnya, Pre Delay adalah apa yang terjadi sebelumnya. Ini akan memberi Anda kendali atas berapa lama ekor reverb (atau pelepasan reverb) akan berlangsung. Beberapa efek memungkinkan Anda membuat reverb tak terbatas, jadi berhati-hatilah dengan seberapa banyak pembusukan yang Anda gunakan. Menggunakan banyak dapat menghancurkan dinamika apa pun yang Anda buat dan dapat memperkeruh bagian bawah (pada dasarnya hanya membuat dinding frekuensi rendah).
Equalization: Banyak efek reverb datang dengan beberapa bentuk EQ, biasanya dalam bentuk cutoff points. Potongan tinggi dan rendah adalah bentuk penyamaan yang paling umum dalam plugin reverb. Ini akan menentukan frekuensi apa yang akan dimasukkan reverb dalam outputnya. Suara yang berbeda dipengaruhi secara berbeda oleh reverb, jadi ini mungkin atau mungkin tidak digunakan, tergantung pada apa yang perlu dipertanggungjawabkan.
Kering & Basah: Sekarang, untuk kontrol kering dan basah. Sinyal kering adalah apa efeknya akan diproses (yang hanya sinyal mentah dari instrumen apa pun yang Anda gunakan). Sinyal basah adalah apa efeknya akan dihasilkan (pada dasarnya suara akan dikirim melalui reverb, dan apa pun yang keluar adalah sinyal basah). Bayangkan memainkan alat musik di sebuah ruangan, dan hanya mendengar apa yang memantul dari segala sesuatu di sekitar Anda. Itu sinyal basah. Sinyal kering adalah apa yang akan Anda dengar langsung dari instrumen itu sendiri, tanpa suara memantul kembali ke Anda. Untuk mendapatkan sinyal kering, Anda bisa menurunkan basah sepenuhnya atau mematikan efeknya, yang hanya akan memotong plugin.
Teknik Reverb
Menyatukan semuanya dengan baik dan seragam dapat dilakukan jika Anda menggunakan bus reverb. Dengan merutekan beberapa suara ke trek mixer yang hanya digunakan untuk menerapkan reverb, Anda dapat menyelamatkan diri dari menambahkan reverb ke setiap elemen yang Anda ingin memiliki ruang suara yang sama. Ini harus dilakukan dengan kehalusan dan tidak harus diterapkan pada setiap instrumen atau efek suara untuk campuran yang akan direkatkan.
Ekor reverb dapat mengeruhkan campuran jika terlalu banyak reverb hadir pada saat yang sama. Ini dapat dikelola jika Anda menurunkan waktu peluruhan pada suara yang tidak diikuti oleh kesunyian. Jika tujuan Anda adalah membuat reverb berbaring untuk mengisi ruang kosong yang mungkin mengikuti suara, biarkan waktu pembusukan atau sesuaikan agar berakhir ketika keheningan terjadi.
Hal lain yang dapat mengacaukan campuran adalah ketika suara di ujung bawah (frekuensi rendah) diterapkan pada reverb. Jangan menerapkan banyak reverb ke suara frekuensi rendah (jika ada sama sekali) dan campuran Anda harus lebih jernih.
Adalah baik untuk menemukan cara menerapkan reverb halus untuk membantu menjaga semuanya tetap ada dan terlihat, bukan hanya dinding reverb. Satu ton reverb mungkin terdengar keren, tetapi bisa merusak dinamika. Untuk suara dalam frekuensi yang lebih tinggi, Anda dapat menggunakan filter high-pass sebelum reverb di rantai efek. Ini dapat memastikan bahwa low-end tidak terpengaruh.
Selain itu, Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang plugin efek di sini, di blog.
Itu meringkas untuk sebagian besar efek Reverb di luar sana tetapi pasti akan ada beberapa perbedaan di semua plugin. Jika Anda menikmati posting ini, silakan bagikan dan tinggalkan komentar di bawah, itu akan sangat berarti. Terima kasih sudah membaca!