How To Use A Chorus Effect
Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan efek Chorus, tutorial ini akan membantu Anda memahami plugin chorus yang Anda gunakan. Bahkan jika Anda hanya ingin tahu tentang apa arti hal-hal tertentu dan apa yang mereka lakukan, tetaplah di sini!Kemungkinannya adalah, tidak semua orang akan menggunakan plugin efek paduan suara yang sama persis di DAW mereka dan itu bagus! Anda tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas untuk sebagian besar, karena Anda akan segera melihat, parameter dan teknik dalam tutorial efek paduan suara ini cukup universal dan dapat diterapkan ke banyak plugin di luar sana.
Apa itu Efek Paduan Suara & Mengapa Menggunakannya?
Apa yang dilakukan efek paduan suara adalah dibutuhkannya suara individu dan ulangan dengan nada dan waktu yang sangat mirip. Dalam bentuknya yang paling dasar, efek paduan suara adalah ketika beberapa suara yang praktis sama dimainkan bersama untuk terdengar seperti satu.
Alasan mengapa Anda mungkin menggunakan plugin chorus adalah untuk membuat satu instrumen terdengar seperti beberapa, benar-benar mengental suara dan bahkan menambah kehangatan. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat efek suara yang sangat menarik, yang akan disebutkan di bagian teknik di bawah ini.
Jika Anda lebih suka menonton video daripada membaca, Anda dapat menonton video di sini, yang mencakup contoh apa yang dilakukan setiap parameter terhadap suara.
Parameter Efek Paduan Suara
Delay: Pertama, parameter penundaan. Bagian dari efek ini membuat penundaan lebih atau kurang terlihat tetapi tidak sekuat plugin penundaan yang sebenarnya. Ini dilakukan dengan mengontrol berapa banyak salinan input yang tertunda (atau suara) dicampur dengan sinyal input asli. Ini biasanya dimodulasi oleh LFO (atau Osilator Frekuensi Rendah). Nilai dari fitur ini adalah dalam milidetik dan semakin banyak penundaan yang Anda gunakan, semakin besar suaranya.
Kedalaman: Bagian selanjutnya adalah kedalaman. Ini menentukan seberapa dalam (atau jauh) sapuan suara yang tertunda akan, pada dasarnya menetapkan batas pada seberapa jauh modulasi akan mencapai. Ini memberikan suara karakteristik seperti phaser.
Nilai: Nilai ini adalah fitur yang cukup sederhana yang mungkin disertai dengan efek paduan suara Anda. Yang akan dilakukan adalah mengatur frekuensi modulasi. Jika Anda melihat bentuk gelombang, semakin tinggi nada, semakin cepat gelombang akan berosilasi ke atas dan ke bawah.
Umpan Balik: Umpan balik berubah, yah, jumlah umpan baliknya. Lihat, saya tidak menyebutkan parameter ini. Ini adalah seberapa banyak sinyal yang terpengaruh diumpankan kembali ke sinyal yang tidak terpengaruh, membuat bunyi lebih panjang atau lebih pendek. Ini dapat digunakan untuk membuat efek flanging, tergantung di mana penundaan diatur.
Mode Ganda: Jika efek Chorus Anda memiliki opsi ini, menggunakan mode ganda biasanya akan menggandakan proses yang sudah ada menggunakan plugin Anda untuk efek suara. Ketika dinyalakan, efek paduan suara akan membuat suara lebih kaya dan lebih tebal.
Setelah melakukan riset, saya tidak bisa mengetahui bagaimana ini bekerja dalam kaitannya dengan rantai efek. Apakah itu membagi sinyal, mengirimkannya ke dua dari efek paduan suara yang sama persis, atau mengirim sinyal asli melalui satu paduan suara, kemudian sinyal yang diproses dari paduan suara pertama menjadi salinannya, kemudian ke master? Jika Anda tahu sesuatu tentang ini, beri tahu saya di komentar di bawah. Ini cukup membingungkan.
Lebar: Mengontrol bagaimana sinyal output akan berinteraksi dengan perangkat pemutaran (seperti headphone atau speaker) dilakukan melalui parameter lebar. Anda dapat memilih untuk membuat sinyal mono atau sinyal stereo dan di mana saja di antaranya. Menyetelnya ke 0 akan membuatnya dalam mono, yang merupakan sinyal yang sama dikirim ke semua speaker. Saat Anda menyalakannya, lebar stereo akan meningkat, memperluas suara.
Kering & Basah: Bagian terakhir dari efek paduan suara adalah nilai kering dan basah. Seperti halnya hampir semua plugin dalam produksi audio, ini menentukan berapa banyak suara asli akan dicampur dengan suara yang terpengaruh untuk mendapatkan (atau volume). Ketika merujuk kering dalam audio itu berarti sinyal tidak diproses dan dalam hal ini, pada dasarnya melewati paduan suara.
Sinyal basah menentukan seberapa besar efek diterapkan pada output. Ketika 100% basah, output sinyal hanya akan menjadi apa yang diproses oleh efek, mencegah sinyal kering dari melanjutkan.
Sekarang, ini tergantung pada apakah plugin Anda memiliki kontrol kering dan basah terpisah. Jika mereka terpisah, keduanya bisa 100%.
Teknik Efek Paduan Suara
Anda dapat membuat efek seperti warp jika Anda mengotomatiskan perubahan dramatis pada parameter kedalaman. Banting level umpan balik hingga kira-kira 90%, atur penundaan 40 ms dan putar di bagian chorus menjadi sekitar 0,07. Setelah ini dilakukan, Anda dapat membuat lonjakan besar di kedalaman paduan suara di akhir suara untuk memberikannya energi yang dikeluarkan.
Buat SFX forcefield realistis dengan menerapkan plugin chorus ke white noise. Anda dapat mulai melihat beberapa hasil dengan mengatur parameter lebar dan basah ke 100%, dan umpan balik menjadi sekitar 85%. Bermain-main dengan penundaan, nilai, dan kedalaman untuk mendapatkan hasil setelah Anda. Jangan lupa bereksperimen dengan suara selain white noise!
Itulah yang terpenting dari apa yang akan dimasukkan oleh plugin Chorus pada umumnya, tetapi tidak semua dari mereka memiliki semua efek yang terdaftar. Anda sekarang harus dapat membuka dan tahu bagaimana menggunakan efek paduan suara untuk desain suara atau musik, bahkan jika Anda belum pernah menyentuhnya sebelumnya. Jika Anda menikmati membaca tutorial ini, lihat lebih lanjut "cara menggunakan efek audio" di blog. Seperti biasa, terima kasih sudah membaca!